Shoes for Sumba

By Sebumi





Terkenal dengan beragam kekayaan alam dan budayanya seperti padang savana, birunya laut yang membentang mengelilingi pulau, air terjun di setiap sudutnya, kuda-kuda cantik yang berlarian, atraksi budaya, dan perkampungan tradisional yang masih asli kemurnian adatnya meskipun sudah terkepung oleh peradaban modern, Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur sangat patut dikunjungi berulang-ulang kali. Sebagai salah satu hal juga yang bisa kita lakukan untuk memahami keberagaman Indonesia, dengan tidak mengabaikan budaya-budaya asli yang masih hidup, sebagaimana masyarakat adat di Sumba percaya akan hal tersebut.

 

Salah satu kuda cantik menghiasi Savana Puru Kambera

Banyak yang mengira kalau Sumba adalah Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Padahal Pulau Sumba terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan diapit oleh Pulau Bima dan Pulau Flores. Selain itu, pulau yang memiliki berbagai keunikan alam ini memiliki kawasan Taman Nasional (TN) Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (MataLawa).

Singgah di Pulau Sumba, sempatkan waktu untuk bermain dengan anak-anak Sumba yang hidup dengan penuh kebahagiaan khas anak-anak pedalaman. Belum mengenal canggihnya smartphone atau berkelana mengelilingi pusat perbelanjaan kota-kota besar.

 

What a cute smile, Kids :)

Anak-anak Sumba memilih berbagi bahagia dengan teman-temannya melalui kayanya alam yang mereka miliki. Bermain di luasnya bukit yang mereka jadikan sebagai playground mereka. Happiness is only real when shared, right?

 

Tak punya sepatu tak jadi penghalang untuk tetap pergi ke sekolah

 

Sepatu mahal untuk dipamerkan dengan teman-teman sekelas? No. Most kids in Sumba go to school barefoot. Semangat mereka untuk terus bersekolah dan menimba ilmu dibuktikan dengan melintasi berkilo-kilometer  jalanan Sumba di tengah terik matahari yang panas.

Terinspirasi dari semangat anak-anak Sumba inilah, Shoes For Sumba hadir sebagai Social Project dari Sebumi yang melibatkan peran Sobat-Sobat Bumi sebagai salah satu agenda kegiatan travelling Journey With Sebumi ke Sumba. Seperti misi dari Sebumi untuk berbagi kebahagiaan di setiap perjalanan yang Sebumi lakukan.

 

Shoes for Sumba from Sobat Bumi

Bukankah traveling yang paling berkesan adalah yang tidak hanya menikmati sebuah perjalanan ke tempat baru, bertemu dan mengenal orang maupun budaya yang baru, membawa pulang souvenir-souvenir cantik untuk dibagikan dengan orang rumah. Tapi juga dengan Traveling, Sobat Bumi pun bisa menumbuhkan rasa memiliki dan juga rasa kepedulian yang tinggi melihat keadaan dari tempat-tempat yang akan dikunjungi yang memiliki banyak kekurangan. Sebagaimana pesan seorang rekanan Sebumi di Sumba, "Bukan karena kita lebih kaya, bukan untuk merasa lebih hebat, tapi karena kita bersaudara. Seperti tubuh, satu sakit semua sakit."

 

“yay! Sepatu baru!”

Anak-anak Sumba mengajarkan kita bahwa ‘tak akan kita merasa kekurangan dengan memberi’.  Bahagia di atas tanah kelahiran dan bersyukur tak henti-henti walaupun hidup ‘seadanya’.

Thousands of candle can be lighted from a single candle, and the life of the candle will not be shortened. And Sebumi always believes, that happiness will never decreases by being shared.

 

Cheers,

Sebumi :)


Other Blog